Cara Mudah Mengiringi Lagu dengan Chord Progression

Unknown 6:02:00 PM
Cara Mudah Mengiringi - Chord Progression apa itu? Sederhananya adalah deretan chord yang biasa digunakan dalam sebuah lagu. Rangkaian chord itu bisa membuat sebuah lagu menjadi enak didengar, dan beraturan. Apa jadinya kalau tidak ada chord progression, pasti lagunya berantakan.

Bingung? Jangan bingung. Masih ingat scale atau tangga nada dalam tulisan sebelumnya? Nyesel ya tidak belajar tangga nada saat sekolah dulu. Tangga nada atau scale mutlak harus dipelajari dan diingat untuk memudahkan belajar chord progression dan bermain melodi.

Oke, kita lihat rumus chord progression. Rumusnya seperti ini I – IV – V. Ketiga angka romawi tersebut merupakan penyebutan bagi nada-nada pertama, nada keempat, dan nada kelima. Berarti jika nada dasarnya atau root-nya C, angka I itu adalah C, IV=F, dan V=G. Kumpulan chord tersebut biasa disebut family chords.


fam chord untuk cara mengiringi lagu
Rumus tersebut berlaku untuk semua nada dasar. Misalkan untuk nada dasar G maka susunan crod progression-nya adalah G-C-D. Bagaimanaa dengan nada dasar A, tinggal hitung saja nada pertama berarti A, nada keempat D, dan nada kelima E. Gampang bukan.

Nah setelah mengetahui rumus tersebut sebenarnya Anda sudah bisa memainkan sebuah lagu. Tinggal ikuti urutan chord progression tersebut. Kita bisa mencobanya dengan memainkan lagu-lagu yang gampang seperti lagu “Balonku” atau lagu yang lainnya. Coba terus dengan menggunakan beberapa nada dasar sehingga Anda lancar dan kalau bisa hafal.

cara mudah mengiringi lagu
cara mudah mengiringi lagu


Contoh Chord Progression dalam Sebuah Lagu

Balonku

Nada dasar G

G
Balonku ada lima
D            G
Rupa-rupa warnanya
C          G
Hijau kuning kelabu
D           G
Merah muda dan biru
G             G
Meletus Balon Hijau, DOR!!
C      D       G
Hatiku sangat kacau
C               G
Balonku tinggal empat
C        D      G
Kupegang erat-erat

Dengan terus berlatih lambat laun perasaan kita akan terlatih. Kita akan bisa menentukan dengan mudah peralihah chord dari G ke C atau C ke D. Kita juga akan mudah menentukan nada dasar yang diinginkan. Nada dasar itu dipilih biasanya berdasarkan karakter suara si vokalis. Anda bila sudah terlatih takkan bingung ketika mengiringi nada dasarnya atas permintaan penyanyi.

Jika sudah lancar menentukan nada dasar dan lancar pemindahan chord berarti Andantak perlu lagi menghafalkan chord. Kita tinggal menghafalkan lagunya, kalau pun harus ada partitur hanyalah untuk panduan saja.

Baca Juga : 


Tulisan mengenai cara mengiringi lagu dengan chord progression kali ini hanya mebahas family chord saja. Masih ada pembahasan terkait chord progression ini, Cousin Chords. Rumus cousin chord adalah II – III – VI – VII yang terdiri dari chord minor dan diminished. Untuk jelasnya kita akan membahasmya dalam tulisan berikutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »