Cara Membaca Diagram Kunci Gitar

Unknown 11:36:00 PM
Membaca Diagram Kunci Gitar - Buku diagram kunci  gitar  atau chord guitar banyak yang menjual. Tapi bagi yang belum paham kadang sulit untuk membacanya. Dalam tulisan ini, kita akan mencoba membahas cara membaca diagram kunci gitar. Dan mudah-mudahan cara- cara yang dipaparkan di bawah ini merupakan cara-cara yang berlaku umum, dan memudahkan Anda.

Sekarang coba perhatikan diagram kunci  gitar di bawah ini:


diagram kunci gitar
Seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya kunci gitar  dasar itu terdiri dari chord Major, dan Minor.  Dalam diagram chord juga terlihat diagram chord basic Major, minor, dan Dominant 7th. Mengenai penjelasan apa itu Major, dan apa itu minor telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya.

Sekarang mari kita mencoba untuk membaca diagram dalam gambar di atas. Yang pertama adalah huruf-huruf yang ada di atas, seperti C, D, E dan seterusnya. Itu adalah huruf penanda chord, misalnya chord C maka penandanya adalah huruf C. Kalau misalnya untuk C minor, maka penandanya adalah huruf C  ditambah m, atau seperti ini Cm. Kalau C dominan 7th berarti pendanya adalah C7.

Garis vertikal tipis adalah untuk menunjukkan posisi senar. Mulai dari senar 1 hingga senar keenam. Dalam posisi gitar berdiri dari kiri ke nana berarti senar keenam (6th) adalah E, senar kelima (5th) adalah A, senar keempat (4th) adalah D,  senar ketiga (3th)  adalah G, senar kedua (2nd) adalah B, dan senar kesatu (1st) adalah E. Simbol 1st  hingga 6th  adalah penanda urutan senar yang dibaca dari yang paling kecil senarnya.

Garis lurus horizontal tebal adalah pembatas terakhir fret dalam gitar, atau biasa disebut nut. Sedangkan garis lurus horizontal tipis adalah menandakan fret dalam gitar, atau anggap saja kolom dalam table. Dalam diagram chord fret biasanya disimbolkan dengan tulisan Fr. Jumlah fret dalam gitar tergantung pada gitarnya, tapi rata-rata 23 fret hingga 24 fret.

Dalam diagram chord umumnya ada titik bulat yang disimpan di garis vertical dan garis horizontal. Titik bulat tesebut merupakan penunjuk posisi senar, dan fret mana yang harus dipijat. Biasanya dalam bulatan tersebut tertera angka untuk menunjukkan jari apa yang digunakan untuk memencet senar. Namun dalam diagram di atas angka-angka untuk penunjuk jari apa yang digunakan diletakkan di bawah diagram chord. Persis di bagian bawah senar yang ada bulat hitamnya.

Adapun angka-angka untuk menunjukkan jari adalah sebagai berikut, nomor 1 untuk jari telunjuk,  nomor 2  untuk jari tengah, nomor 3 untuk jari manis, dan 4 jari kelingking. Jika Anda menemukan tanda X  berarti senar tersebut tidak dibunyikan, dan kalau menemukan gambar bulat putih merupakan kebalikkannya senar itu harus dibunyikan meski tidak dipijit.


Belajar Kunci Gitar Butuh Kesabaran

Penjelasan di atas mudah-mudahan tidak membuat Anda tambah pusing, dan malah menyerah karena frutrasi. Belajar gitar memang tidak mudah, butuh kesabaran, dan ketekunan untuk mempelajarinya. Anda harus yakin bisa, dan terus mempraktekkan teori-teori yang telah Anda dapatkan dan membacanya. Dari mana pun Anda memperoleh informasi tersebut.

Bermain gitar itu sangat mengasyikkan. Kata sebagian orang yang telah mahir bermain gitar, bermain gitar itu ibarat obat stres. Coba Anda mencobanya dengan memainkan gitar ketika hati tengah galau. Nyanyikan lagu kesukaan Anda, lambat laun kegalauan akan hilang dengan sendirinya. Jadi belajar gitar semampu mungkin agar bisa menjadi obar stres.

Belajar gitar tentu bukan hanya untuk mengusir stres. Banyak kisah cinta yang bertemakan gitar. Banyak pemuda yang berhasil menggaet kekasihnya gara-gara pintar bermain gitar. Lagu-lagu cinta dan petikan gitar yang syahdu bisa jadi merupakan senjata para pemain gitar untuk menjerat seorang kekasih.  Tapi belum ada survey apakah pemain gitar itu kebanyakan jomblo atau sebaliknya. Silakan  Anda mencarinya sendiri survei tersebut jika ada.

Mahir bermain gitar juga bisa menjadi sumber penghasilannya. Kemahiran Anda bisa digabungkan dengan orang yang mahir bermain instrument musik lainnya. Bentuk sebuah grup band, kemudian rekaman. Anda bisa menjadi sangat terkenal, dan kaya raya gara-gara piawai bermain gitar.

Sekali lagi berlatih gitar yang giat kalau memang Anda berminat. Selamat mencoba, dan tetap semangat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »