10 Gitaris Terbaik Dunia Versi Majalah Rolling Stone

Unknown 2:17:00 AM
Gitaris Terbaik Dunia  - Laman Rolling Stones mengeluarkan daftar 100 Greatest Guitars berdasarkan voters gitaris dunia seperti Ritchie Blackmore, Alex Lifeson (Rush), Nils Lofgren (The E Street Band), dan Mick Mars (Mötley Crüe), dan beberapa orang ahli dalam bidang music seperti Brian Hiatt (Senior writer, Rolling Stone). Dalam tulisan di bawah ini akan dibahas 10 gitaris dunia yang terbaik dan paling berpengaruh di dunia seperti yang pernah diterbitkan laman Rollingstone.com 


Daftar Gitaris Terbaik dan Paling Berpengaruh di Dunia :


Jimi Hendrix

Nama lengkapnya James Marshall “Jimi” Hendrix. Dia lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942. Dia masuk 10 gitaris dunia karena permainan gitarnya mau tidak mau harus diakui sangat mempengaruhi gitari-gitaris dunia. Dia meninggal di London pada 18 September 1970, saat berusia 27 tahun. Selain gitaris dia juga vokalis, penulis lagu, dan masuk dalam jajaran tokoh budaya Amerika.


Eric Clapton

gitaris terbaik dunia - Eric Clapton
Gitaris ini jangan ditanya kepiawaiannya memainkan dawai, karena itu layak masuk dalam 10 gitaris dunia.  Eric Clapton Patrick yang lahir pada 30 Maret 1945, tiga kali masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame. Penghargaan itu diterimanya karena sukses dalam berkarier sebagai gitaris solo, sukses saat bergabung dengan The Yardbirds, dan juga dengan Cream. Dia juga sempat bergabung dengan John Mayall & the Bluesbreakers untuk bermain blues. Clapton pernah menerima tujuh belas Grammy Awards, dan Brit Award untuk Outstanding Contribution to Music. Pada 2004 Clapton dianugerahi CBE di Istana Buckingham dalam bidang musik.

Jimmy Page

Dia juga layak disebut dewa gitar dan masuk 10 gitaris dunia, sentuhan-sentuhan jarinya menjadikan music Led Zeppelin sangat berpengaruh pada eranya. James Patrick “Jimmy” Page OBE lahir pada 9 Januari 1944. Page mengawali kariernya sebagi musisi studio di London. Page menjadi pemain gitar yang dicari. Pada 1966-1968 dia bergubung dengan Yardbirds, kemudian mendirikan Led Zeppelin. Majalah Rolling Stone menobatkan dia sebagai gitaris nomor tiga dari daftar 100 gitaris terbaik sepanjang massa. Pada 2007 dia menjadi gitaris nomor 4 dalam 100 Wildest Guitar Heroes. Pada 2010, Page juga masuk dalam dua besar Top 50 Gitaris of All Time versi Gibson.

Keith Richards

Gitaris yang masuk 10 gitaris dunia adalah Keith Richards. Keith Richards lahir di London pada 1943. Dia adalah seorang gitaris, vokalis, penulis lagu, dan merupakan pendiri band legendaris Rolling Stones. Dia juga mengeluarkan album solo bersama bandnya berjudul The X-Pensive Winos. Dia sekarang tinggal di Connecticut bersama istrinya Patti Hansen.
Keith Richards memang gitaris legendaris yang besar bersama grup band legendaries Rolling Stones. Permainan rythm gitarnya yang inovatif sehingga menempatkan tempat dalam 100 Gitaris Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stones.  Bersama Mick Jagger, vokali Rolling Stones, Richards menulis dan merekam ratusan lagu, 14 di antaranya masuk dalam 500 Lagu Terbaik Sepanjang Masa versi majalah Rolling Stones

Jeff Beck

Jeff Beck beredar bersamaan dengan Jimmy Page, dan Eric Clapton. Beck pernah bergabung dengan Yardbirds. Dia telah memenangi 5 Grammy. Beck yang lahir pada 24 Juni 1944 merupakan salah satu gitaris solo yang sukses. Dia layak mask dalam daftar 10 gitaris dunia.

B.B. King

gitaris terbaik dunia versi rolling stones - B.B. Kings
Riley B King lahir pada 16 September 16. Dia kemudian lebih dikenal dengan sebutan BB King. Dia, adalah musisi blues, penyanyi, penulis, dan sekaligus gutaris. King masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1987. Dia merupakan musisi blues yang paling berpengaruh sepanjang masa. Dia juga mendapatkan julukan “The King of Blues” karena permainan blues gitarnya.

Chuck Berry

Charles Edward Anderson “Chuck” Berry adalah salah satu pioner music rock and roll. Dia berhasil tenar berkat lagu-lagunya seperti Maybellene (1955), Roll Over Beethoven (1956), Rock and Roll Music (1957), dan Johnny B. Goode” (1958). Chuck Berry berhasil membangun rhythm and blues menjadi unsur pertama dalam music rock and roll. Jenis music yang dikembangkan Chuck Berry ini sangat mempengaruhi music rock.

Eddie Van Halen

Eddie van Halen adalah gitaris yang jago memainkan teknik tapping. Teknik tapping mulai dikenal ketika Edie van Halen mulai sering memainkannya. Lewat album pertama mereka berjudul “Eruption” yang dirilis pada 1978 Edie mulai memperkenalkan teknik tersebut. Yang unik dari Edie Van Halen ialah dia tidak hanya menggunakan satu tangan saat melakukan tapping, tapi menggunakan tangan kanan dan kirinya, sehingga mengeluarkan suara yang unik. Kehebatan tapping Edie van Halen terus menjadi buah bibir, permainannya menginspirasi gitaris generasi berikutnya hingga sekarang. Lagu-lagu Van Halen seperti Jump, Panama, Judgement Day, dan masih banyak lagu lainnya, mejadi lagu wajib buat pengikut “aliran” Van Halen ini.

Duane Allman

Duane Allman adalah legenda gitar yang besar bersama Allman Brothers Band. Permainan slide pada gitarnya membuat namanya sangat diperhitungkan. Duane Allman lahir di Nashville dan dibesarkan di Florida, 24 tahun sebelum dia tewas dalam sebuah kecelakaan pada 1971. Dia kehilangan kendali, motornya menabrak sisi truk di Macon, Georgia. Pada tahun 2004, Rolling Stone menyatakan bahwa Allman Brothers adalah band rock 52-terbesar sepanjang masa.

Pete Townshend

gitaris paling berpengaruh - Pete Townshend
Pete Townshend adalah penulis lagu, komposer, gitaris, dan merupakan motor penggerak grup The Who. Pete Townshend adalah salah satu gitaris yang permainannya mempengaruhi gaya permainan gitaris rock. Lahir di Chiswick, London hanya sepuluh hari setelah penyerahan Jerman pada tahun 1945, Townshend tumbuh dalam keluarga kelas menengah. Orang tuanya bernama Cliff dan Betty Townshend yang juga sebagai musisi. Townshend mulai bermain gitar pada 12. Pada 1963 dia membentuk The Who bersama penyanyi Roger Daltrey, pemain bass John Entwistle dan drummer Keith Moon. The Who adalah grup band antikemapanan. Dalam pertunjukkannya selalu bikin sensasi dengan sound yang memekakkan telinga, dan selalu menghancurkan peralatan mereka di panggung.

Itulah 10 gitaris terbaik dunia dan paling berpengaruh di dunia alat musik petik gitar ini. Semoga informasi diatas dapat menjadi motivasi anda dalam bermain gitar. Sekian dari kami dan terima kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »